Thursday

Open Source pun Mampu Datangkan Uang


Seperti banyak diketahui, sistem operasi open source mampu memangkas pengeluaran, karena sifat sistem operasi (OS) ini yang memang terbuka dan gratis.

Namun bukan berarti open source tidak bisa memberikan pemasukan. Sebab, melalui open source pengguna komputer bisa menghasilkan uang. Meski kode-kode program yang dibuka diberikan secara bebas, ada beberapa perusahaan yang menerapkan model bisnis lisensi dual-lisensi.

AFP, Rabu (13/5/2009) melansir kalau model lisensi digunakan dengan cara mengambil model peranti lunak secara gratis, lalu dikembangkan oleh perusahaan itu. Sehingga, ketika ingin mendapatkan jasa layanan premium yang telah diciptakan, pengguna harus membayarnya.

Tentu saja, selain memberikan keuntungan bagi perusahaan itu, OS ini merangkul semua elemen. Selain itu juga membuat pengeluaran perusahaan menjadi minim. Inilah yang membuat open source memiliki dua keuntungan sekaligus.

Berbagai negara di berbagai belahan dunia mulai meninggalkan OS yang konvensional, dan menggunakan open source. Inilah yang membuat Microsoft kelimpungan, sehingga menjadikan open source sebagai ancaman.

Maka tidak heran kalau Microsoft mulai membuka kesempatan lebar-lebar kepada pengembang, untuk menjadikan Microsoft tidak kalah mentereng dari Linux. Terlebih sekarang orang mulai sadar dengan open source pun keuntungan bisa didapatkan

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda. Thanks

Shoutbox


ShoutMix chat widget

Join Bloglog

Join My Community at MyBloglog!

Pro-SMSCenter

SMART Telecom


Produk SMART Telecom

Pasang Iklan Gratis

Materi Iklan diluar tanggung jawab kami
 

Template by NdyTeeN